Resep Pindang Patin sangat ideal untuk hidangan siang hari. Terlebih saat musim hujan seperti ini, makan pindang patin akan lebih pas. Tentu, ada metode khusus untuk membuat pindang patin yang lezat dan menggugah selera. Biasanya, hidangan ini hanya dapat dinikmati di restoran yang menyajikan hidangan ikan. Berikut adalah resep sederhana pindang patin yang bisa kamu buat jika kamu memiliki ikan patin di rumah di tutorial berikut.

Ikan patin merupakan jenis ikan yang cukup mahal dan paling cocok untuk dipindang. Alasannya adalah selain memiliki rasa yang segar, ikan patin juga sangat cocok untuk dijadikan bahan pindang. Ikan patin kaya akan gizi dan mengandung omega 3. Berikut ini resep mudah untuk membuat pindang patin.

Resep Pindang Patin Kemangi

Resep-Pindang-Patin-Kemangi

Ikan patin itu nih, makanannya oke banget buat dibikin pindang. Nah, ikan patin ini kan jenis ikan air tawar, jadi proses pengolahannya nggak semudah membalikkan telapak tangan. Masalahnya ikan patin ini emang ikan air tawar.

Kalau kita nggak hati-hati dalam pengolahan, bisa-bisa pindang patinnya jadi nggak enak. Nanti bakal bau amis atau bahkan ada rasa tanah waktu dimakan. Makanya, penting banget untuk ngikutin tutorial memasak pindang patin ini.

Tentu aja ada beberapa tips biar pindang patin kita nggak berbau. Karena kalau pindang patin yang kita masak berbau, pastinya patin yang kita olah jadi nggak bikin ngiler.

Sebenarnya, bikin bumbu pindang patin sendiri tuh gampang banget dan nggak ribet. Tapi yang harus diperhatiin itu beberapa bahan khusus biar rasanya enak dan nggak bau amis.

Resep pindang patin ini cocok banget dinikmati pas suasana dingin atau lagi musim hujan kaya sekarang. Apalagi kalo pindang patinnya pedes dan ada aroma kemanginya yang kenceng, pasti siapa aja jadi pengen nyobain hidangan ini.

Pindang patin itu makanan yang mewah gitu, soalnya harganya lumayan mahal. Biasanya orang bikin pindang patin atau beli di restoran aja. Pindang patin itu juga bagus buat nambah gizi tubuh, loh.

Patin juga pas banget buat ibu hamil, soalnya kandungan gizinya luar biasa. Ikan patin sendiri kaya omega 3 yang tinggi, jadi bagus buat perkembangan bayi. Makanya nggak heran kalo hidangan ini sering dikasih buat ibu hamil. Bahan-bahan buat pindang patin ini gampang banget dicari. Ini dia bahan-bahan lengkap buat bikin pindang patin.

Bahan dari Resep Pindang Patin Palembang

Bahan-dari-Resep-Pindang-Patin-Palembang

Buat bikin pindang patin yang enak, tentu aja kita butuhin bahan-bahan yang penting biar rasanya enak dan mantap pas disajikan. Pindang patin ini sama aja kaya bumbu pindang yang lain. Biasanya pake cabe rawit, tomat, jeruk nipis, dan macem-macem deh. Nah, berikut ini resep lengkap bahan-bahan buat bikin pindang patin kemangi yang enak buat makan di rumah:

  • 500g Patin
  • Tomat
  • Cabai rajid merah
  • Gula
  • Garam
  • Penyedap
  • Asam Kandis
  • Jeruk nipis
  • Daun kemangi
  • 1 ruas jahe
  • 2 batang sereh
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Daun jeruk
  • Daun salam

Daun kemangi bakal bener-bener bikin pindang patinnya jadi kuat rasanya. Pindang patin dengan kemangi itu emang bikin nagih abis. Kalo ada tamu dateng, resep ini cocok banget buat ditampilin.

Cara bikin pindang patin itu gampang kok, yang penting cuma cuci ikan patinnya sampe bersih biar gak bau tanah. Soalnya ikan air tawar kaya gini kalo gak diolah bener, bau tanahnya nempel. Jadi pastiin cuci bener-bener supaya gak bau.

Proses cuci-cucian ini penting banget, jangan lupa bersihin ikan patinnya dan lumuri pake perasan jeruk nipis biar gak amis. Ini penting banget, soalnya kalo pindang patinnya amis bau, yah gak enak banget lah buat dimakan.

Selain bahan-bahan yang udah disebutin tadi, pengolahannya juga penting banget. Kalo salah-salah, jadinya rasanya gak enak deh. Makanya perlu banget diperhatiin gimana cara ngolah ikan patinnya biar rasanya enak pas dimakan.

Kalo mau penjelasan lengkapnya, cek aja resep pindang patin kemangi ala restoran. Biar masakan pindang patin yang kita bikin gak ada bau tanah atau amis. Jeruk nipis jadi pemeran penting biar pindangnya gak amis.

Cara dan Resep Pindang Patin Sederhana

Resep-Pindang-Patin

Dalam bikin Pindang patin yang enak, ada langkah-langkah yang harus kita ikutin. Pindang patin yang enak itu sebenarnya gampang banget dibikin. Pindang patin yang mau kita bikin ini pas banget buat yang suka makan patin di restoran. Resep kali ini spesial, yaitu resep pindang patin kemangi ala restoran. Jadi gak perlu beli pindang patin lagi, udah bisa buat sendiri pindangnya.

  • Bersihkan ikan patin dengan membersihkan sisiknya lalu potong potong sama ukuran. Cuci bersih ikan patin sampai lumpur atau tanahnya hilang agar tidak berbau tanah.
  • Jika sudah bersih bisa langsung marinasi ikan dengan jeruk nipis dan juga garam selama beberapa menit.
  • Haluskan bawang putih dan bawang merah serta cabai lalu tumis sampai harum
  • Masukkan juga jahe geprek, Sereh memarkan serta daun jeruk dan daun salam sampai harum.
  • Jika bumbu tumis sudah matang maka bisa tambahkan air sebanyak 1 liter kurang lebih.
  • Aduk-aduk hingga rata lalu masukan perasan jeruk nipis, garam penyedap dan lain lain. Jika ingin lebih pedas bisa masukan Cabai rawit sesuai selera.
  • Jika sudah mendidih masukan ikan dan masuk sampai matang
  • Masukan juga tomat yang sudah dipotong-potong lalu masak lagi. Jangan lupa untuk koreksi rasa.
  • Setelah itu masukan daun kemangi sesuai selera. Jangan terlalu masaknya jika daun kemangi sudah masuk. Nanti jika kelaman wangi daun kemanginya akan hilang.
  • Jika sudah bisa matikan kompor maka pindang patin udah jadi.

Nah, itu dia resep pindang patin ala restoran. Resep kali ini gampang banget dan enak juga hasilnya. Jadi pindangnya bakal bikin kita merasakan kesegaran dan kenikmatan kayak di restoran mahal.

Buat yang pengen nyoba resep pindang patin ala restoran ini, gak perlu khawatir deh, karena bahan-bahannya juga gampang dicari di supermarket terdekat. Cukup siapin patin segar, bumbu-bumbu spesial, dan beberapa bahan tambahan lainnya, kita udah siap untuk memulai petualangan kuliner yang seru ini.

Langkah pertama, siapin patinnya dengan membersihkannya dengan baik dan pastikan bebas dari bau amis. Setelah itu, kita tinggal campurkan bumbu-bumbu ajaib yang akan menghasilkan cita rasa pindang yang bikin nagih. Jangan lupa tambahkan bumbu rahasia ala restoran untuk memperkaya rasa pindang patin kita.

Nah, begitu selesai memasak, kita bisa langsung santap pindang patin hasil karya kita sendiri. Rasanya pasti bikin ketagihan dan ngangenin, kayak lagi makan di restoran mahal tapi tanpa harus keluar rumah. Yuk, coba sendiri dan rasakan sensasi kelezatan pindang patin ala restoran di rumah!

Baca Juga!